Rabu, 05 November 2014

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERKINI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERBARU
2013-2014


Di era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat.Dengan perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi.Pengaruh tersebut sangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.Perubahan kehidupan zaman sekarang sangat drastis dibandingkan zaman dahulu.Walaupun perubahan itu memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya tetapi pasti ada dampak buruk walaupun tersirat.Perkembangan teknologi sekarang sangat mencolok pada penggunaan teknologi komputer .Dimana-mana semua pekerjaan yang dilakukan tidak ada yang tidak menggunakan komputer.Jaringan komputer tersebar diamanapun sehingga mudah dan cepat mendapatkan informasi.Informasi yang diperoleh tidak mencakup kawasan lokal (nasional) saja tetapi juga kawasan internasional.Mendapatkan suatu informasi terbaru dari suatu negara ke negara lain bisa dengan hitungan menit untuk memperolehnya.Dengan perkembangan teknologi yang diiringi perkembangan ilmu informatika dapat diperoleh teknologi yang semakin baru.Tetapi untuk menghasilkan sumber daya manusia bidang informatika harus adanya pendidikan yang lebih baik sebelum terjun ke dunia teknologi informasi dan komunikasi.Orang – orang informatika adalah orang-orang yang mempelajari dua ilmu sekaligus.Karena ilmu informatika adalah gabungan dari ilmu murni dan terapan.Oleh karena itu sangat dibutuhkan sekali ilmu informatika terutama di Indonesia.
           
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan elife, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, elaboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan. Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel), dan penggunaan teknologi internet cenderung terabaikan dan tidak memperhatikan iptak . Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan etika berkomunikasi tidak hanya itu saja dampak dari era globalisasi yang terjadi saat ini begitu banyak video yang tidak semestinya mereka unduh kedalam internet . Kemajuan teknologi perlu perlindungan menyeluruh akan informasi jati diri kita agar tidak disalahgunakan untuk keperluan-keperluan yang mengganggu. Seiring perkembangan TI di masyarakat muncul

            Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Mengulas merupakan hal yang wajar bahkan harus bila tak ingin ketinggalan zaman. Perubahan waktu dan struktur masyarakat sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi.
            Teknologi informasi adalah bagian dari teknologi yang tak terpisahkan. Teknologi informasi menfokuskan kajian dan bidang garapanya pada bagaimana sebuah informasi menyebar menggunakan sarana teknologi. Dalam laman wikipedia online, disebutkan bahwa Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sehingga teknologi terbaru selalu dapat memudahkan manusia dalam pekerjaan harian atau yang lebih spesifik.
            Sedangkan teknologi informasi yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Teknologi informasi terbaru seakan membuat dunia yang baru dari dunia yang nyata ini.
            Dimaksudkan dengan dunia baru karena banyak peralatan elektronik yang memudahkan sekaligus menjadikan hidup lebih mudah, namun juga menjadikan ketergantungan yang tinggi bahkan tak bisa dipisahkan terhadap teknologi informasi. Masakini merupakan masa dimana teknologi informasi berkembang cepat, hal ini ditandai dengan banyaknya produk teknologi informasi yang mutakhir dan terbaru.
            Contoh teknologi informasi terbaru adalah ponsel pintar yang merupakan alat komunikasi genggam dimana hampir seluruh data informasi diri kita bisa disimpan. Kegunaanya juga bisa berbagai hal mulai dari berbicara jarak jauh atau menelphone orang lain, komunikasi video realtime hingga browsing dan mencari arah gedung atau kota tujuan.
            Ada juga teknologi yang kiranya akan menggantikan buku yaitu ebook reader yang tipis dan lebih ramah lingkungan karena buku berbentuk elektronik dan disimpan dalam device yang mudah dibawa kemana-mana. Begitupa tablet, bentuk kecil dan terbaru dari sebuah komputer ini dengan mudah dapat dibawa kemana saja dan memiliki baterai dengan daya tahan yang lama. Semoga sekelumit artikel teknologi informasi terbaru ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat bagi kita semua.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar